MATERI PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT LENGKAP MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT(TGT)
MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM
K13
MENGEVALUASI
TEKS ANEKDOT DARI ASPEK MAKNA TERSIRAT
MODEL
PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT(TGT)
OLEH : RAHIM WIDODO,S.Pi
GURU SMA N 1 KUBU BABUSSALAM
PROVINSI RIAU
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah siswa mempelajari pelajaran ini,siswa mampu
mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat secara berkelompok
PENGERTIAN MENGEVALUASI
Memberi
penilaian teks mengenai kelebihan dan kekurangan agar setiap teks anekdot bisa
di pelajari dan dapat nilai postif di dalamnya.
TEKS ANEKDOT YANG BAIK.....
Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki unsur lucu/jengkel/konyol, memiliki pesan moral sebagai pencerahan,berisi kritikan dan strukturnya jelas.
Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki unsur lucu/jengkel/konyol, memiliki pesan moral sebagai pencerahan,berisi kritikan dan strukturnya jelas.
Untuk
mengevalusi teks anekdot, kita memerlukan pertanyaan-pertanyaan seperti berikut
ini.
1. Siapa partisipan/tokoh dalam teks tersebut?
2. Siapa yang kita sindir?
3. Sudah runtutkah rangkaian peristiwanya?
4. Bagaimana kelengkapan struktur teks abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda?
5. Apakah ada unsur lucu/jengkel/konyol?
6. Apakah anekdot itu memberikan pencerahan bagi pembaca?
7. Bagaimana ketepatan penggunaan bahasa teks anekdot itu?
8. Apakah teks tersebut sesuai dengan topik?
1. Siapa partisipan/tokoh dalam teks tersebut?
2. Siapa yang kita sindir?
3. Sudah runtutkah rangkaian peristiwanya?
4. Bagaimana kelengkapan struktur teks abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda?
5. Apakah ada unsur lucu/jengkel/konyol?
6. Apakah anekdot itu memberikan pencerahan bagi pembaca?
7. Bagaimana ketepatan penggunaan bahasa teks anekdot itu?
8. Apakah teks tersebut sesuai dengan topik?
Makna Kata
Makna kata terdiri dari makna denotasi dan makna konotasi.
Makna denotasi
adalah makna yang sebenarnya.contoh: Pak Kamil memelihara 5 kambing hitam
Makna konotasi
adalah makna yang tidak sebenarnya(tersirat)
Contoh : Dia
merasa sudah dijadikan kambing hitam dalam peristiwa kebakaran semalam
Makna kata tersirat adalah makna kata yang tersembunyi
atau implisit..contoh dijadikan kambing hitam
Ciri-Ciri Teks Anekdot:
1. Berupa teks cerita
2. Sindiran
3. Lucu/komedi
4. Menarik
5. Singkat
6. Nyata
7. Partisipan ( tokoh/pelaku)
8. Kritik
1. Berupa teks cerita
2. Sindiran
3. Lucu/komedi
4. Menarik
5. Singkat
6. Nyata
7. Partisipan ( tokoh/pelaku)
8. Kritik
Struktur teks
anekdot:
1.
Abstraksi berupa isyarat apa yang akan diceritakan berupa
kejadian yang tidak lumrah, tidak biasa, aneh, atau berupa rangkuman atas apa
yang akan diceritakan atau dipaparkan
2.
Orientasi yaitu pendahuluan atau pembuka berupa
pengenalan tokoh, waktu, dan tempat
3.
Even yaitu jalannya cerita
4.
Krisis yaitu pemunculan masalah
5.
Reaksi yaitu tindakan atau langkah yang diambil untuk
merespon masalah
6.
Perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang
dapat dipetik dari cerita, sifatnya opsional.
Contoh Teks Anekdot
Orang Tuaku Sayang, Anakku Malang
Setiap hari orang tua Iwan selalu bekerja. Mereka jarang pulang di rumah karena harus mengisi acara seminar maupun diklat. Sudah satu bulan lamanya mereka tidak bertemu anaknya. Rasa kangen pun mendera. Sang bapak ingin menguji anaknya, apakah dia mencintai dan merindukannya.
Bapak: Wan, apakah kamu sayang terhadap orang tuamu?
Iwan: sangat sayang. Aku selalu merindukan ayah dan ibu ketika aku sendiri di rumah (Jawab Iwan bohong)
Bapaknya lega mendengar perkataan Iwan. Beliau percaya kalau anaknya sangat menyayangi orangtua.
Ayahnya kemudian berdoa, “Ya, Allah terimakasih kau telah titipkan hamba seorang anak yang baik. Berikan dia hukuman jika salah.”
Seketika itu, Iwan jatuh dan pingsan.
Bapaknya segera melarikannya ke rumah sakit. Iwan langsung mendapatkan pertolongan tim medis dan masuk ruang ICU. Ayahnya hanya menangis.
Pembahasan
• Partisipan yang terlibat dalam teks anekdot di atas adalah Bapak, Iwan, dan tim medis. Tokoh-tokoh tersebut memiliki peran masing-masing.
• Teks tersebut menyindir orang tua dan anak. Orang tua yang selalu meninggalkan anak karena pekerjaan dan anak yang membohongi orangtua.
• Rangkaian peristiwa di atas sudah runtut dan logis. Dimulai dengan abstraksi dan ditutup dengan koda. Krisis dalam teks di atas juga memiliki unsur konyol, Ayahnya kemudian berdoa, “Ya, Allah terimakasih kau telah titipkan hamba seorang anak yang baik. Berikan dia hukuman jika salah.” Seketika itu, Iwan jatuh dan pingsan.
• Bahasa yang digunakan dalam teks tersebut sudah tepat.
• Judul teks tersebut sudah tepat karena mewakili keseluruhan isi teks.
Dari evaluasi di atas, dapat dikatakan teks anekdot ‘Orang Tuaku Sayang, Anakku Malang’
Termasuk teks anekdot yang bagus.
Setiap hari orang tua Iwan selalu bekerja. Mereka jarang pulang di rumah karena harus mengisi acara seminar maupun diklat. Sudah satu bulan lamanya mereka tidak bertemu anaknya. Rasa kangen pun mendera. Sang bapak ingin menguji anaknya, apakah dia mencintai dan merindukannya.
Bapak: Wan, apakah kamu sayang terhadap orang tuamu?
Iwan: sangat sayang. Aku selalu merindukan ayah dan ibu ketika aku sendiri di rumah (Jawab Iwan bohong)
Bapaknya lega mendengar perkataan Iwan. Beliau percaya kalau anaknya sangat menyayangi orangtua.
Ayahnya kemudian berdoa, “Ya, Allah terimakasih kau telah titipkan hamba seorang anak yang baik. Berikan dia hukuman jika salah.”
Seketika itu, Iwan jatuh dan pingsan.
Bapaknya segera melarikannya ke rumah sakit. Iwan langsung mendapatkan pertolongan tim medis dan masuk ruang ICU. Ayahnya hanya menangis.
Pembahasan
• Partisipan yang terlibat dalam teks anekdot di atas adalah Bapak, Iwan, dan tim medis. Tokoh-tokoh tersebut memiliki peran masing-masing.
• Teks tersebut menyindir orang tua dan anak. Orang tua yang selalu meninggalkan anak karena pekerjaan dan anak yang membohongi orangtua.
• Rangkaian peristiwa di atas sudah runtut dan logis. Dimulai dengan abstraksi dan ditutup dengan koda. Krisis dalam teks di atas juga memiliki unsur konyol, Ayahnya kemudian berdoa, “Ya, Allah terimakasih kau telah titipkan hamba seorang anak yang baik. Berikan dia hukuman jika salah.” Seketika itu, Iwan jatuh dan pingsan.
• Bahasa yang digunakan dalam teks tersebut sudah tepat.
• Judul teks tersebut sudah tepat karena mewakili keseluruhan isi teks.
Dari evaluasi di atas, dapat dikatakan teks anekdot ‘Orang Tuaku Sayang, Anakku Malang’
Termasuk teks anekdot yang bagus.
Peserta Didik Saat Mengikuti Proses Pembelajaran Di kelas |
Yuk kito mulai
kompetisi ini....
Soal wajib untuk
tiap-tiap tim
01. Susunlah anekdot berikut ini sesuai dengan strukturnya!
1. Bu guru pun tersenyum
2. Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu guru di depan kelas.
3. Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
4. Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
5. Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.
6. Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
1. Bu guru pun tersenyum
2. Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu guru di depan kelas.
3. Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
4. Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
5. Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.
6. Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
A.
1-2-3-4-5-6
B.
2-4-5-3-6-1
C.
2-4-3-5-1-6
D. 1-2-4-5-3-6
E.
3-2-1-4-5-6
02. Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah….
A.
Struktur teks orientasi-krisis-reaksi
B.
Memiliki pesan moral
C.
Memiliki unsur lucu
D.
Berbentuk cerita
E.
Menggelitik
03. Bacalah teks berikut ini!
Sebelum memilih jurusan, setiap siswa diwawancarai untuk menjaring data. wanwancara berlangsung selama 10 menit.
Petugas: Aini!
Aini: ya, Pak
Petugas: silakan duduk. Bapakmu buruh, ya?
Aini: kok tahu, Pak
Petugas: pipimu tidak berstempel springbed tapi tikar
Aini: Maksud Bapak apa, ya?
Petugas: bercanda, Mbak…
Aini masih bersungut-sungut tapi ia harus menjawab pertanyaan petugas selanjutnya.
Teks di atas termasuk teks anekdot karena, kecuali ….
Sebelum memilih jurusan, setiap siswa diwawancarai untuk menjaring data. wanwancara berlangsung selama 10 menit.
Petugas: Aini!
Aini: ya, Pak
Petugas: silakan duduk. Bapakmu buruh, ya?
Aini: kok tahu, Pak
Petugas: pipimu tidak berstempel springbed tapi tikar
Aini: Maksud Bapak apa, ya?
Petugas: bercanda, Mbak…
Aini masih bersungut-sungut tapi ia harus menjawab pertanyaan petugas selanjutnya.
Teks di atas termasuk teks anekdot karena, kecuali ….
A.
memiliki pesan/ajaran moral
B.
memiliki struktur
C.
lucu/konyol
D. menyindir
E.
menggurui
04. Berikut ini , yang termasuk teks anekdot adalah….
A.
Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia,
yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar”itu adalah hewan pemangsa dan
pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan
berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemasan-emasan dengan
belang atau loreng berwarna hitam
B.
Saudara-saudara yang saya hormati, Beberapa hari yang
lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil
presiden secara langsung.Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan
wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
C.
Pernahkah Anda membuat SIM, misalnya SIM C? Mengurus SIM
tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi
pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar.
D. Perdagangan bebas
yang diusung oleh sebuah negara dipastikan dapat menguntungkan atau merugikan
negara yang bersangkutan. Dampak negatif kebijakan politik negara di sektor
ekonomi ini mudah kita temukan di Indonesia.
E.
Ibu-ibu sedang kerja bakti membersihkan jalan desa pada
pagi hari. Suasana terkesan ramai, obrolan seputar harga, gosip, dan anak.
“Wah, bulan ini banyak pangeluaran. Anak saya masuk kuliah dan adiknya masuk
SMA,” kata Bu Tini “Semua ternak saya, saya sekolahkan Bu biar pintar” sambung
Bu Tini “He..he..he” tawa Bu Romlah renyah Mereka pun melanjutkan membersihkan
rumput di kanan dan kiri
05. Bacalah teks di bawah ini!
Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila program akselerasi ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi. Mereka mengatakan bahwa siswa-siswa dari program akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari program reguler.
Berikut ini adalah alasan teks di atas bukan termasuk teks anekdot, kecuali….
Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila program akselerasi ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi. Mereka mengatakan bahwa siswa-siswa dari program akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari program reguler.
Berikut ini adalah alasan teks di atas bukan termasuk teks anekdot, kecuali….
A.
Tidak lucu/konyol
B.
Tidak memiliki pesan moral
C.
Tidak memiliki konjungsi sebab-akibat
D.
Tidak menggunakan konjungsi temporal
E.
Tidak memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda
06. Bacalah teks di bawah ini!
Seorang ayah mengajari anaknya berenang. “Aku tidak mau malu karena tidak
bisa berenang ayah”, kata sang anak. “Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai
termudah Nak”, jawab ayahnya. Sang anak gembira. Setelah beberapa hari latihan
renang itu, sang ayah tampak bersedih sementara sang anak tampak gembira.
“Terimakasih yah, akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku
kuasai, tapi kenapa ayah bersedih?” tanyanya. “Yang kamu kuasai itu gaya
batu, Nak!”
Kalimat manakah yang menunjukkan orientasi?
A.
Seorang ayah mengajari anaknya berenang
B.
Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata
sang anak.
C.
Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai termudah Nak
D. Terimakasih yah,
akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa
ayah bersedih?
E.
Yang kamu kuasai itu gaya batu, Nak
Soal Rebutan
07. Sindiran dalam teks anekdot dapat diungkapkan dengan
antonim. Pasangan kata dibawah ini yang merupakan antonim, kecuali....
A.
Benar – Salah
B.
Adil – Tidak adil
C.
Kaya – Miskin
D.
Rajin – Malas
E.
Target – Sasaran
08. Saat sesi tanya jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa
kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan
melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara
Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis
Perkara, Pak ...!”
Kutipan paragraf diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks
anekdot, yaitu....
A.
Abstraksi
B.
Krisis
C.
Koda
D.
Reaksi
E.
Orientasi
09. Anekdot yaitu jenis teks yang berisi .... lucu,
konyol, atu menjengkelakan seabgai akibaat dari krisis yang di tanggapi dengan
reaksi, adalah.....
A. Jawaban-jawaban
B. Pertanyaan-pertanyaan
C. Peristiwa-peristiwa
D. Kalimat-kalimat
E. Sanggahan- sanggahan
A. Jawaban-jawaban
B. Pertanyaan-pertanyaan
C. Peristiwa-peristiwa
D. Kalimat-kalimat
E. Sanggahan- sanggahan
SOAL REBUTAN SOAL TERAKHIR
10. Anekdot adalah cerita singkat
yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau
terkenal dan berdasarkan...
A. Penelitian di
lapangan
B. Cerita fiksi
C. Hasil observasi
D. Kejadian yang sebenarnya
E. Wawasan yang
luas
SELAMAT UNTUK TIM YANG BERHASIL KEBABAK FINAL
11. Bacalah susunan teks anekdot berikut ini dengan saksama!
(1) “Kita sudah memenuhi permintaanmu.” kata
editor itu memberitahu si pengarang.
(2) Artikel itu disertai dengan sepucuk surat
dari pengarangnya : “Atur saja pemberian tanda bacanya dengan benar dan
terbitkan seluruh ceritanya.”
(3) “Tapi di waktu yang akan datang, silakan
kirimkan saja pemberian tanda bacanya. Lalu kita terkenal karena menulis
artikel kita sendiri.”
(4) Gondolin, seorang penerbit dan editor yang
terkenal dari harian Italia IL Mesagero, menerima sebuah artikel
yang agak buruk dari seorang temannya yang sekaligus seorang politikus.
Susunan potongan-potongan teks yang tepat hingga menjadi anekdot yang utuh
dan padat adalah ….
A.
(4)-(1)-(2)-(3)
B.
(4)-(3)-(1)-(2)
C.
(4)-(2)-(3)-(1)
D.
(4)-(2)-(1)-(3)
E.
(4)-(3)-(2)-(1)
12. Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama!
Holmes dan Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi . Di tengah malam,
Holmes terbangun dan membangunkan Watson. “Watson,” katanya,”Lihat ke langit
dan katakan apa yang kamu lihat.” “Saya melihat jutaan bintang, Holmes,” kata
Watson.
“Dan apa kesimpulannya, Watson?”
Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya, “ Berdasarkan astronomi, ada
jutaan galaksi dan mungkin milyaran planet. Menurut astrologi, saya mengamati
bahwa Saturnus berada di dalam Leo. Menurut horologi, saya menyimpulkan bahwa
waktu mendekati tiga seperempat pagi, menurut meteorology, saya kira besok
harinya bagus. Menurut teologi, saya lihat bahwa Tuhan Mahakuasa dan kita
begitu kecil tak berarti. Menurutmu sendiri apa, Holmes?”
“Watson, tenda kita dicuri orang!”
Isi teks anekdot tersebut adalah …
A. Holmes dan
Watson sedang berkemah.
B. Holmes
membangunkan Watson dan menanyakan sesuatu kepadanya.
C. Watson menjawab
pertanyaan Holmas dengan rinci.
D. Watson menguasai
beberapa ilmu.
E. Watson tidak
menyadari tenda mereka dicuri.
13. Arti istilah ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks tersebut
adalah ….
A. Setiap perkara
dikenai biaya
B. Setiap perkara
dapat ditindaklanjuti dengan uang
C. Setiap perkara
dapat diselesaikan dengan uang
D. Setiap perkara
tidak dapat diuangkan
E. Setiap perkara
tidak dapat diselesaikan
Soal Terakhir Babak Final
14. Perhatikan
struktur anekdot :
1.
Koda
2.
Krisis
3.
Abstraksi
4.
Reaksi
5.
Orientasi
Urutan struktur
teks anekdot yang tepat adalah ….
A. 3-5-4-2-1
B. 3-5-2-4-1
C. 3-4-5-2-1
D. 3-2-4-5-1
E. 3-4-2-5-1
Soal Babak Willcard
1. Bagian dalam teks anekdot, yang memunculkan hal atau masalah yang
unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan
adalah...
A. Orientasi
B. Krisis
C. Koda
D. Konklusi
E. Abstraksi
2. .....
merupakan suatu ringkasan yang lengkap dan menjelaskan keseluruhan isi
artikel ilmiah dan di tempatkan pada bagian awal artikel ilmiah. Adalah
pengertian dari....
A. Koda
B. Krisis
C. Abstraksi
D. Orientasi
E. Reaksi
A. Koda
B. Krisis
C. Abstraksi
D. Orientasi
E. Reaksi
Selamat Para Juara
Juara I kelompok :
Juara II kelompok :
Juara III kelompok :
Semoga Pembelajaran Hari Ini Bermanfaat
Wassalamualikum WR WB
0 Response to "MATERI PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT LENGKAP MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT(TGT)"
Post a Comment