RPP teks negosiasi kurikulum K13
Permendikbud No. 22 th 2016
SEKOLAH :
SMAN
1 KUBU BABUSSALAM
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS, SEMESTER : X, 2
TAHUN PELAJARAN :
2016-2017
MATERI POKOK : MEMBUAT
KESEPAKATAN MELALUI NEGOSIASI
ALOKASI WAKTU : 4X PERTEMUAN (@ 90 menit)
A Tujuan
Pembelajaran:
Setelah siswa mempelajari
pelajaran ini,siswa
mampu mengevaluasi teks anekdot
dari aspek makna tersirat secara berkelompok dan setiap kelompok dapat saling
berkompetisi untuk mengevaluasi
teks negosiasi tersebut.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
3.10
Mengevaluasi teks negosiasi secara lisan maupun tulisan
|
4.10. Menceritakan atau mempraktekkan
proses negosiasi sesuai dengan teks negosiasi yang dipelajari
|
|
3.10.1
|
Merumuskan
pengertian, ciri –ciri, kaidah
kebahasaan , struktur dan tujuan dari teks negosiasi
|
4.10.1.
Menciptakan kembali teks negosiasi dengan memerhatikan struktur,
dan kaidah kebahasaan
|
3.10.2
|
Menjelaskan
cara menyampaikan pengajuan dan penawaran
|
|
3.10.3
|
Menjelaskan
syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan)
|
C. Materi
Pembelajaran
®Teks Negosiasi (terlampir)
D. Metode Pembelajaran
®Model
pembelajaran : Discovery
Learning (Pertemuan I dan II)
® Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi antar teman sebangku
Metode
Pembelajaran
(Pertemuan III dan IV)
®Model
pembelajaran : Team Game
Tournament
® Metode
pembelajaran : Kooperatif, Ceramah, Diskusi dan
berkompetisi antar kelompok
E. Media Pembelajaran
Melihat tayangan
teks negosiasi dan kumpulan soal tantang teks negosiasi mengunakan
infocus/proyektor
F. Sumber
Belajar: Buku Paket Bahasa
Indonesia Kemendikbud RI th. 2016 SMA,
MA, SMK, MAK Kelas X
PERTEMUAN I dan II
IPK: 3.6.1.
Merumuskan pengertian, ciri –ciri, kaidah kebahasaan , struktur dan
tujuan dari teks negosiasi
G. Langkah- langkah Pembelajaxran
1. Kegiatan Pendahuluan: (15 menit)
Apersepsi:
Mengkondisikan siswa; memberi salam, mengabsen
Memotivasi siswa akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, agar siswa
mampu mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan pengertian, ciri-ciri , kaidah
kebahasaan , struktur dan tujuan dari teks negosiasi.
2. Kegiatan Inti( 55 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
1.
Memberi
petunjuk tentang materi pembelajaran
|
Mendengarkan dengan aktif
|
2.
Membagi
kelompok dalam tim
|
Membentuk kelompok sebangku
|
3.
Memberikan
informasi tentang materi
|
Siswa mendengarkan penjelasan guru
|
4.
Guru
mengarahkan siswa
saling berkerjasama mengevaluasi teks negosiasi
|
Mendengarkan
penjelasan tentang pengertian, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, struktur dan
tujuan teks negosisasi
|
5.
Guru menayangkan contoh
teks negosiasi
|
Siswa
memperhatikan dan mencoba mengontruksikan kembali teks negosiasi
|
6.
Guru mengevaluasi
kemampuan siswa membuat teks negosiasi
|
Setiap
kelompok sebangku mempraktekkan proses negosiasi kedepan kelas.
|
3. Kegiatan Penutup (20 menit)
a)
Guru mengadakan
pengukuhan kelompok
yang mampu menampilkan proses negosiasi dengan baik.
b) Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi
terhadap materi pelajaran yang sudah di pelajari
c)
Guru
mengimformasikan materi pembelajaran selanjutnya
PERTEMUAN III dan IV
3.6.2. Menjelaskan cara menyampaikan pengajuan dan
penawaran
3.6.3. Menjelaskan
syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan)
1. Kegiatan Pendahuluan: (
15 menit)
Apersepsi:
Mengkondisikan siswa; memberi salam, mengabsen
Motivasi: Guru
mengadakan tanya jawab tentang materi pelajaran yang sudah di pelajari
2. Kegiatan Inti
(55 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
1.
Memberi
petunjuk tentang materi pembelajaran
|
Mendengarkan dengan aktif
|
2.
Membagi
kelompok dalam tim
|
Membentuk kelompok dalam tim game
tournament
|
3.
Memberikan
informasi tentang materi
|
siswa mendengarkan penjelasan guru
|
4.
Guru
mengarahkan siswa
saling berkerjasama dan saling berkompetisi dalam menyelesaikan jawaban
berkaitan dengan penawaran dan kesepakatan dalam teks negosiasi
|
Mendengarkan
penjelasan tentang penawaran dan
kesepakatan dan langkah-langkah model pembelajaran team game tournament.
|
5.
Guru menayangkan
soal wajib dan soal rebutan kemudian mengamati kegiatan siswa
|
Setiap
tim menjawab soal wajib dan soal rebutan pada babak penyisihan tentang teks
negosiasi, guru menjumlahkan poin yang diperoleh tiap kelompok. Bagi tiga
kelompok yang memperoleh poin tertinggi berhak maju pada babak final.
|
6.
Guru mengumumkan
tim yang berhasil memenangkan game pada materi mengevaluasi teks negosiasi
|
Setiap
tim pemenang pada game tournament ini berhak mendapatkan penghargaan.
|
3. Kegiatan Penutup (20 menit)
a)
Guru mengadakan
pengukuhan pemenang
dari game tournament ini
b) Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi
terhadap materi pelajaran yang sudah di pelajari
c)
Guru
mengimformasikan materi pembelajaran selanjutnya
H. Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian Pengetahuan : Test tertulis
b. Penilaian Keterampilan : Test lisan
c. Bentuk : Soal objektif
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.
Bentuk
interaksi sosial yang berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama antara
pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan disebut ...
a. jual beli
b. anekdot
c. negosiasi
d. penawaran
e. laporan
a. jual beli
b. anekdot
c. negosiasi
d. penawaran
e. laporan
2.
Negosiasi akan berhasil jika pelaku negosiasi akan ...
a. menang
b. kalah
c. strategi
d. mempersiapkan diri secara intensif
e. kalah-kalah
a. menang
b. kalah
c. strategi
d. mempersiapkan diri secara intensif
e. kalah-kalah
3.
Yang termasuk pasangan tuturan dalam negosiasi
berjalan lancar yaitu...
a. menolak-meminta
b. bertanya-menjawab
c. menjawab-meninggalkan
d.bertanya-digantungkan
e. memberi-bertanya
a. menolak-meminta
b. bertanya-menjawab
c. menjawab-meninggalkan
d.bertanya-digantungkan
e. memberi-bertanya
4. Di bawah ini merupakan sebab
terjadinya negosiasi,kecuali…
a. Ada pihak yang bersangkutan
b. Ada suatumasalah yang harus
diperundingkan
c. Ada keinginan untuk mencapai suatu
kemufakatan
d. Adanya hasutan dari orang lain
e. Adanya upaya untuk menjaga kehomatan
masing-masing pihak
5. Negosiasi dapat dilakukan menggunakan
bahasa persuasif. Bahasa persuasif adalah bahasa yang digunakan untuk…
a. Bertanya
b. Menjawab
c. Meminta
d. Menerima
e. Membujuk
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Kubu Babussalam
Rahmad Azhari, S.Pd
NIP. 197205012006401 014
|
Kubu Babussalam, Januari 2017
Guru Mata pelajaran
Rahim Widodo.S.Pi
NIP. -
|
0 Response to "RPP teks negosiasi kurikulum K13"
Post a Comment