MODEL PEMBELAJARAN UNIK DAN MENYENANGKAN

Model Pembelajaran
MODEL PEMBELAJARAN
PALING ASIK DAN MENYENANGKAN
Oleh: Rohim Widodo, S.Pi





Model pembelajaran paling oke yang penulis pernah praktekkan dalam proses belajar mengajar untuk bidang studi Biologi kelas XI disekolah Menegah Atas tepat nya SMA Negeri 1 Kubu Babussalam. Model pembelajaran ini dinamakan model cartu shortir. Model pembelajaran ini penulis dapatkan saat menimba ilmu Pendidikan Profesi Guru di Universitas Islam Riau (UIR-Riau Pekanbaru). Model pembelajaran ini penulis kembangkan sedemikian rupa dengan dengan beberapa penambahan model yang penulis pahami saat menimba ilmu difakultas perikanan (FAPERIKA-Universitas Riau Pekanbaru) dan beberapa model lain yang penulis tambahkan dan penulis kembangkan sendiri berdasarkan pengalaman mengajar agar model pembelajaran ini lebih menarik dan menyenangkan.



Berikut adalah tahapan proses pembelajaran kartu shortir yang penulis pernah rekam, mudah-mudahan bermanfaat...yok cusssss......

Guru membacakan defenisi/arti dari materi yang disampaikan


Pada tahapan pertama pembelajaran model kartu shortir seperti tutorial di video adalah saat guru membacakan kemudian menjelaskan materi pelajaran Biologi yang dibahas pada model tersebut. guru menyiapkan pasangan kartu yang satu berisi pertanyaan dan yang satunya lagi berisi tentang jawaban dari pertanyaan tersebut.
Tahapan Kedua Peserta Didik Mencocokkan Pertanyaan Dengan Jawaban Pada Materi Yang Telah Di Siapkan 


Peserta didik boleh langsung menjawab pertanyaan yang Guru/penulis bacakan jika bisa menjawab. Untuk lebih menarik setiap peserta didik yang menjawab dengan benar dan menjawab paling banyak setiap pertanyaan maka peserta didik tersebut berhak memperoleh penghargaan bisa dalam bentuk bonus nilai Biologi. Dalam prakteknya dilapangan pemberian penghargaan tersebut mampu memicu siswa/peserta didik untuk saling berlomba bisa menjawab dengan benar. pada tahapan pertama ini peserta didik mulai berkompetisi menjadi yang terbaik.......hmmmmmmmm menarik bukan????


Tahapan model pembelajaran kartu shortir yang kedua peserta didik menerima pasangan kartu yang telah disiapkan. kartu yang dibagikan oleh guru kepada peserta didik tidaklah pasangannya(telah diacak). bisa jadi peserta didik memegang kartu yang berisi pertanyaan saja tau kartu yang berisi jawaban saja. Pada tahapan ini peserta didik diberi batasan waktu untuk mencocokkan pertanyaan dengan jawaban.......untuk lebih jelas bisa di lihat pada tayangan video berikut ini.....


Tahapan Ketiga pada model ini peserta didik membacakan kartu berisi pertanyaan atau kartu berisi jawaban dengan posisi berdiri. Jika kartu yang dibaca berisi pertanyaan maka peserta didik yang memegang jawaban dari kartu yang dibacakan akan berdiri pula untuk menjawab dan sebaliknya. pada tahapan ini peserta didik yang gagal menjawab diberikan sanksi yang sifatnya mendidik dengan harapan sanksi yang diberikan agar setiap peserta didik bersungguh-sungguh mengikuti model pembelajaran ini dan tetap fokus untuk mendengarkan pertanyaan atau jawaban yang disampaikan oleh peserta didik yang lain




Tahapan ke empat dari model pembelajaran ini peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok berjumlah 5 sampai 8 orang. tiap keompok saling berkompetisi memasangkan kartu yang telah disiapkan keseluruhan. Kelompok yang bisa menyelesaikan  pasangan kartu dengan waktu paling cepat dan jumlah yang benar aling banyak akan mendapatkan penghargaan....  



Tahapan ke lima dari model pembelajaran ini setiap peserta didik mampu memasangkan kartu dengan jumlah 5 pasang dalam waktu satu menit. peserta didik dengan waktu tercepat dan mampu memasangkan pasangan kartu dengan tepat dan cepat akan mendapatkan penghargaan...


Pemaparan diatas adalah model pembelajaran kartu shortir yang penulis selalu lakukan dan hasilnya sangat memuaskan. .....peserta didik selalu  ceria dan semangat mengikuti pembelajaran disekolah dan pemahaman siswa/peserta didik meningkat sangat signifikan.....


Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk kita semua.....mohon dukungan dan saran dari berbagai elemen untuk kesempurnaan artikel ini.......





































1 Response to "MODEL PEMBELAJARAN UNIK DAN MENYENANGKAN"

  1. Keren pembelajarannya :D jdi pngen kek gtu blajarnya

    ReplyDelete