Cara Super Mudah Membuat RPP Kurikulum K13
CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Permendikbud No. 22 th 2016
SEKOLAH :
SMAN
1 KUBU BABUSSALAM
MATA PELAJARAN : INDONESIA
KELAS, SEMESTER : X, I
TAHUN PELAJARAN :
2016-2017
MATERI POKOK :MENYAMPAIKAN IDE
DENGAN TEKS ANEKDOT
ALOKASI WAKTU : 3X PERTEMUAN (@ 45 menit)
LANGKAH KEDUA : BUAT TUJUAN PEMBELAJARAN
CONTOH
A Tujuan
Pembelajaran:
Setelah siswa mempelajari
pelajaran ini,siswa
mampu mengevaluasi teks anekdot
dari aspek makna tersirat secara berkelompok dan setiap kelompok dapat saling
berkompetisi untuk mengevaluasi
teks anekdot tersebut.
LANGKAH KETIGA : BUAT KOMPETENSI DASAR (KD) PENGETAHUAN DAN
KOMPETENSI DASAR LETERAMPILAN
CONTOH
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.5.Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna
tersirat
|
4.5.Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks
anekdot.
|
3.5.1
|
Menentukan makna yang tersirat dalam teks anekdot
|
4.5.1.
Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur,
dan kebahasaan
|
3.5.2
|
Menjelaskan makna yangtersirat dalam teks
anekdot
|
|
3.5.3
|
Menerapkan
makna yang tersirat dalam teks anekdot
|
|
3.5.4
|
Menegaskan
makna yang tersirat dalam teks anekdot
|
|
3.5.5
|
Menyimpulkan
makna yang tersirat dalam teks anekdot
|
|
KETERANGAN: KOMPETENSI
DASAR 3.5 MERUPAKAN (KD) PENGETAHUAN SEDANGKAN
KOMPETENSI DASAR 4.5 ADALAH (KD) KETERAMPILAN
3.5.1. SAMPAI
DENGAN 3.5.5. MERUPAKAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI(IPK) KOMPETENSI DASAR. SEDANGKAN 4.5.1 MERUPAKAN (IPK) DARI
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
LANGKAH
KE EMPAT : BUAT LAH URAIAN MATERI PEMBELAJARAN YANG AKAN DISAMPAIKAN SECARA
SISTEMATIS
CONTOH:
C. Materi
Pembelajaran
®Teks Anekdot (terlampir)
D. Metode Pembelajaran
®Model
pembelajaran : Team Game Tournament (Pertemuan I dan
II)
® Metode pembelajaran
:kooperatif, Ceramah, Diskusi dan berkompetisi antar kelompok
E. Media Pembelajaran
Melihat tayangan
teks anekdot mengunakan infocus/proyektor
F. Sumber Belajar: Buku Paket Bahasa Indonesia Kemendikbud RI th. 2016 SMA, MA, SMK, MAK Kelas
X
PERTEMUAN I
IPK: 3.5.1. Menentukan makna yang tersirat dalam teks anekdot
3.5.2. Menjelaskan
makna yang tersirat dalam teks anekdot
KETERANGAN : JELASKAN MATERI
PEMBELAJARAN PADA PERTEMUAN PERTAMA YANG AKAN DISAMPIKAN ADALAH IPK 3.5.1
SAMPAI 3.5.2.
LANGKAH KE LIMA: BUATLAH LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN BAIK KEGIATAN YANG AKAN DISAMPAIKAN GURU MAUPUN KEGIATAN YANG AKAN
DILAKSANAKAN PESERTA DIDIK
CONTOH
G. Langkah- langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan: (15 menit)
Apersepsi:
Mengkondisikan siswa; memberi
salam, mengabsen
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan
baik,
agar
siswa mampu mengevaluasi teks anekdot dan mampu menjelaskan apa makna tersirat
dari sebuat teks anekdot.
2. Kegiatan Inti( 55 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
1.
Memberi petunjuk tentang materi pembelajaran
|
Mendengarkan
dengan aktif
|
2.
Membagi kelompok dalam tim
|
Membentuk
kelompok dalam tim game tournament
|
3.
Memberikan informasi tentang materi
|
siswa
mendengarkan penjelasan guru
|
4.
guru mengarahkan siswa saling berkerjasama dan
saling berkompetisi dalam menyelesaikan jawaban
|
Mendengarkan
penjelaskan tentang langkah-langkah
model pembelajaran team game
tournament.
|
5.
Guru menayangkan soal wajib dan soal rebutan
kemudian mengamati kegiatan siswa
|
Setiap
tim menjawab soal wajib dan soal rebutan pada babak penyisihan tentang teks
anekdot, guru menjumlahkan poin yang diperoleh tiap kelompok. Bagi tiga
kelompok yang memperoleh poin tertinggi berhak maju pada babak final.
|
6.
Guru mengumumkan tim yang berhasil memenangkan
game pada materi mengevaluasi teks
anekdot dari aspek makna tersirat
|
Setiap
tim pemenang pada game tournament ini berhak mendapatkan penghargaan.
|
LANGKAH KE ENAM: BUATLAH KESIMPULAN ATAU KEGIATAN PENUTUP
CONTOH
3. Kegiatan Penutup (20 menit)
®. Guru
mengadakan pengukuhan pemenang
dari game tournament ini
®. Guru
bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap materi pelajaran yang
sudah di pelajari
®. Guru
mengimformasikan materi pembelajaran selanjutnya
Ok gan bisa di coba nanti, thanks
ReplyDeleteRibet ya gan hehe
ReplyDelete